" PT. Makmur Pangan Kharisma "
Tugas : Menganalisa Perusahaan yang Menggunakan Sistem Basis Data
Sejarah mengenai PT. Makmur Pangan Kharisma yang menggunakan basis data
PT. Makmur Pangan Kharisma didirikan pada tahun 1995 oleh Bapak Johnny Pratikto dan yang kemudian menjadi komisaris/pimpinan perusahaan ini sendiri. Perusahaan ini bergerak dalam bidang distributor bahan-bahan makanan dan kimia umum maupun yang special.
Wewenang
1) Commisioner
Tugas :
• Melakukan pengawasan atas jalannya Perusahaan,
• Memberikan nasihat kepada Direktur.
Wewenang :
• Dapat melaksanakan tugas-tugas tertentu direktur, apabila direktur
berhalangan atau dalam keadaan tertentu.
2) Director
Tugas :
• Mengendalikan Perusahaan secara keseluruhan,
• Memberikan result area yang jelas bagi para Manager di bawahnya
Wewenang :
• Membuat keputusan yang bersifat critical bagi perusahaan.
3) Sales Manager
Tugas :
• Merencanakan, mengontrol dan mengkoordinir proses penjualan dan
pemasaran untuk mencapai target penjualan,
• Melakukan promosi atau strategi pemasaran untuk meningkatkan
penjualan,
Wewenang :
• Menyusun kebijakan prosedur dan program kerja di bidang pemasaran
dan penjualan,
• Membuat persetujuan mengenai kerja sama penjualan dengan pihak
perusahaan lain atau pelanggan.
4) Sales Admin
Tugas :
• Mengawasi anggaran biaya promosi, pemasaran dan penjualan,
• Membuat laporan keuangan penjualan yang akan diberikan kepada bagian
Finance.
Wewenang :
• Mengatur dan memperbaiki target penjualan yang sudah ditetapkan oleh
sales manager.
5) IT Manager
Tugas :
• Bertanggung jawab pengolahan data melalui sistem dengan menggunakan
program komputer dengan mengikuti petunjuk yang telah dibuat,
• Menguji ke-efektifan dan ke-efisienan suatu sistem yang diterapkan atau
digunakan,
Wewenang :
• Mengakses database perusahaan untuk mengatur dan merawat keakuratan
dari setiap data yang tersimpan.
6) Technical Support Staff
Tugas :
• Bertanggung jawab kepada informasi data perusahaan,
• Mengelola kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas operasi teknis
perusahaan,
Wewenang :
• Menyusun kebijakan prosedur dan program kerja di bidang operasi teknis.
7) Finance dan Administration Manager
Tugas :
• Mengelola kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas penyusunan,
pelaporan dan evaluasi anggaran induk, penyelenggaraan kegiatan
pembukuan dan akuntansi perusahaan,
Wewenang :
• Menyusun kebijakan prosedur dan program kerja di bidang administrasi
keuangan dan akuntansi.
8) Accounting
Tugas :
• Melaksanakan kegiatan administrasi keuangan perusahaan (jurnal entry
sampai dengan arsip dokumen) untuk menjamin kelancaran, keakuratan
dan ketertiban administrasi keuangan perusahaan,
• Membuat, memeriksa dan mengarsip faktur, nota supplier untuk
memastikan status hutang/piutang,
Wewenang :
• Mengesahkan pengambilan dana untuk kas kecil,
• Memutuskan untuk menyetujui atau tidak setiap pengeluaran yang
diminta oleh bagian kasir.
9) Purchasing Staff
Tugas :
• Membuat perencanaan pembelian produk sesuai permintaan pembelian
yang diterima,
• Mengatur pembelian agar produk dan kedatangannya sesuai dengan yang
diharapkan,
Wewenang :
• Membuat "claim / complain supplier" jika terjadi penyimpangan,
• Mencari dan membandingkan beberapa supplier untuk mendapatkan
harga dan kualitas produk yang baik,
10) Cashier
Tugas :
• Membuat laporan penerimaan dan pengeluaran atas pembayaran dari
produser yang ada kompensansi atas utang piutang,
• Menyiapkan serta mengetik cek dan giro,
Wewenang :
• Memutuskan untuk menolak setiap pembayaran yang tidak sah (Contoh :
Pembayaran dengan uang atau cek palsu)
11) Warehouse Supervisor
Tugas :
• Menjaga persediaan produk di gudang,
• Mengendalikan penyediaan produk,
Wewenang :
• Menyusun kebijakan prosedur dan program kerja di bidang persediaan
produk.
12) Collector
Tugas :
• Melakukan penagihan hutang dari para pelanggan perusahaan,
• Melakukan pengecekan tagihan yang sudah masuk ke bank.
Wewenang :
• Melakukan apa saja yang sesuai dengan peraturan untuk mendapatkan
hutang perusahaan.
13) Human Resources Development dan General Affairs
Tugas :
• Melaksanakan kegiatan pelayanan kantor, penyediaan fasilitas dan
layanan administrasi perkantoran, sesuai ketentuan yang berlaku untuk
mendukung kelancaran operasional perusahaan,
Wewenang :
• Membuat keputusan-keputusan yang menyangkut kepegawaian
berdasarkan koordinasi dengan pimpinan pegawai yang bersangkutan.
Spesifikasi hardware dan software
Tugas :
• Mengawasi anggaran biaya promosi, pemasaran dan penjualan,
• Membuat laporan keuangan penjualan yang akan diberikan kepada bagian
Finance.
Wewenang :
• Mengatur dan memperbaiki target penjualan yang sudah ditetapkan oleh
sales manager.
5) IT Manager
Tugas :
• Bertanggung jawab pengolahan data melalui sistem dengan menggunakan
program komputer dengan mengikuti petunjuk yang telah dibuat,
• Menguji ke-efektifan dan ke-efisienan suatu sistem yang diterapkan atau
digunakan,
Wewenang :
• Mengakses database perusahaan untuk mengatur dan merawat keakuratan
dari setiap data yang tersimpan.
6) Technical Support Staff
Tugas :
• Bertanggung jawab kepada informasi data perusahaan,
• Mengelola kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas operasi teknis
perusahaan,
Wewenang :
• Menyusun kebijakan prosedur dan program kerja di bidang operasi teknis.
7) Finance dan Administration Manager
Tugas :
• Mengelola kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas penyusunan,
pelaporan dan evaluasi anggaran induk, penyelenggaraan kegiatan
pembukuan dan akuntansi perusahaan,
Wewenang :
• Menyusun kebijakan prosedur dan program kerja di bidang administrasi
keuangan dan akuntansi.
8) Accounting
Tugas :
• Melaksanakan kegiatan administrasi keuangan perusahaan (jurnal entry
sampai dengan arsip dokumen) untuk menjamin kelancaran, keakuratan
dan ketertiban administrasi keuangan perusahaan,
• Membuat, memeriksa dan mengarsip faktur, nota supplier untuk
memastikan status hutang/piutang,
Wewenang :
• Mengesahkan pengambilan dana untuk kas kecil,
• Memutuskan untuk menyetujui atau tidak setiap pengeluaran yang
diminta oleh bagian kasir.
9) Purchasing Staff
Tugas :
• Membuat perencanaan pembelian produk sesuai permintaan pembelian
yang diterima,
• Mengatur pembelian agar produk dan kedatangannya sesuai dengan yang
diharapkan,
Wewenang :
• Membuat "claim / complain supplier" jika terjadi penyimpangan,
• Mencari dan membandingkan beberapa supplier untuk mendapatkan
harga dan kualitas produk yang baik,
10) Cashier
Tugas :
• Membuat laporan penerimaan dan pengeluaran atas pembayaran dari
produser yang ada kompensansi atas utang piutang,
• Menyiapkan serta mengetik cek dan giro,
Wewenang :
• Memutuskan untuk menolak setiap pembayaran yang tidak sah (Contoh :
Pembayaran dengan uang atau cek palsu)
11) Warehouse Supervisor
Tugas :
• Menjaga persediaan produk di gudang,
• Mengendalikan penyediaan produk,
Wewenang :
• Menyusun kebijakan prosedur dan program kerja di bidang persediaan
produk.
12) Collector
Tugas :
• Melakukan penagihan hutang dari para pelanggan perusahaan,
• Melakukan pengecekan tagihan yang sudah masuk ke bank.
Wewenang :
• Melakukan apa saja yang sesuai dengan peraturan untuk mendapatkan
hutang perusahaan.
13) Human Resources Development dan General Affairs
Tugas :
• Melaksanakan kegiatan pelayanan kantor, penyediaan fasilitas dan
layanan administrasi perkantoran, sesuai ketentuan yang berlaku untuk
mendukung kelancaran operasional perusahaan,
Wewenang :
• Membuat keputusan-keputusan yang menyangkut kepegawaian
berdasarkan koordinasi dengan pimpinan pegawai yang bersangkutan.
Spesifikasi hardware dan software
Perusahaan ini menggunakan Intel Pentium Dual Core processor 1.80 GHz, Memori 2 GB RAM, Hard Disk 250 GB. Sedangkan untuk Software-nya kami menggunakan Operating system (OS) Windows XP Professional, Microsoft Office 2007, Microsoft SQL Server 2005 Enterprise Edition, dan Microsoft Visual Basic 6.0.
Table yang dibutuhkan
1. Tabel Karyawan
2. Tabel Jenis Karyawan
3. Tabel Divisi
4. Tabel Barang
5. Tabel Jenis Barang
6. Tabel Satuan
7. Table Supplier
8. Tabel Negara
9. Tabel Costumer
10. Tabel Jenis Costumer
11. Tabel Kota
12. Tabel Persedian Barang
13. Tabel Herder Penjualan
14. Tabel Detail Penjualan
15. Tabel Herder SKB
16. Tabel Detail SKB
17. Tabel Herder Pembelian
18. Tabel Detail Pembelian
19. Tabel Herder SMB
20. Tabel Detail SMB
21 Tabel Hutang
22. Tabel Piutang
23. Tabel Jenis Pembayaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar