welcome to my blog

Selasa, 04 Desember 2012

Sistem Basis Data 1

" PT. Makmur Pangan Kharisma "

Tugas : Menganalisa Perusahaan yang Menggunakan Sistem Basis Data


Sejarah mengenai PT. Makmur Pangan Kharisma yang menggunakan basis data  

PT. Makmur Pangan Kharisma didirikan pada tahun 1995 oleh Bapak Johnny Pratikto dan yang kemudian menjadi komisaris/pimpinan perusahaan ini sendiri. Perusahaan ini bergerak dalam bidang distributor bahan-bahan makanan dan kimia umum maupun yang special.

Wewenang

1) Commisioner
Tugas :
• Melakukan pengawasan atas jalannya Perusahaan,
• Memberikan nasihat kepada Direktur.

Wewenang :
• Dapat melaksanakan tugas-tugas tertentu direktur, apabila direktur
   berhalangan atau dalam keadaan tertentu.

2) Director
Tugas :
• Mengendalikan Perusahaan secara keseluruhan,
• Memberikan result area yang jelas bagi para Manager di bawahnya

Wewenang :
• Membuat keputusan yang bersifat critical bagi perusahaan.

3) Sales Manager
Tugas :
• Merencanakan, mengontrol dan mengkoordinir proses penjualan dan
   pemasaran untuk mencapai target penjualan,
• Melakukan promosi atau strategi pemasaran untuk meningkatkan
   penjualan,

Wewenang :
• Menyusun kebijakan prosedur dan program kerja di bidang pemasaran
   dan penjualan,
• Membuat persetujuan mengenai kerja sama penjualan dengan pihak
   perusahaan lain atau pelanggan.

4) Sales Admin
Tugas :
• Mengawasi anggaran biaya promosi, pemasaran dan penjualan,
• Membuat laporan keuangan penjualan yang akan diberikan kepada bagian
   Finance.

Wewenang :
• Mengatur dan memperbaiki target penjualan yang sudah ditetapkan oleh
   sales manager.

5) IT Manager
Tugas :
• Bertanggung jawab pengolahan data melalui sistem dengan menggunakan
   program komputer dengan mengikuti petunjuk yang telah dibuat,
• Menguji ke-efektifan dan ke-efisienan suatu sistem yang diterapkan atau
   digunakan,

Wewenang :
• Mengakses database perusahaan untuk mengatur dan merawat keakuratan
   dari setiap data yang tersimpan.

6) Technical Support Staff
Tugas :
• Bertanggung jawab kepada informasi data perusahaan,
• Mengelola kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas operasi teknis
   perusahaan,

Wewenang :
• Menyusun kebijakan prosedur dan program kerja di bidang operasi teknis.

7) Finance dan Administration Manager
Tugas :
• Mengelola kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas penyusunan,
   pelaporan dan evaluasi anggaran induk, penyelenggaraan kegiatan
   pembukuan dan akuntansi perusahaan,

Wewenang :
• Menyusun kebijakan prosedur dan program kerja di bidang administrasi
   keuangan dan akuntansi.

8) Accounting
Tugas :
• Melaksanakan kegiatan administrasi keuangan perusahaan (jurnal entry
   sampai dengan arsip dokumen) untuk menjamin kelancaran, keakuratan
   dan ketertiban administrasi keuangan perusahaan,
• Membuat, memeriksa dan mengarsip faktur, nota supplier untuk
   memastikan status hutang/piutang,

Wewenang :
• Mengesahkan pengambilan dana untuk kas kecil,
• Memutuskan untuk menyetujui atau tidak setiap pengeluaran yang
   diminta oleh bagian kasir.

9) Purchasing Staff
Tugas :
• Membuat perencanaan pembelian produk sesuai permintaan pembelian
   yang diterima,
• Mengatur pembelian agar produk dan kedatangannya sesuai dengan yang
  diharapkan,

Wewenang :
• Membuat "claim / complain supplier" jika terjadi penyimpangan,
• Mencari dan membandingkan beberapa supplier untuk mendapatkan
   harga dan kualitas produk yang baik,

10) Cashier
Tugas :
• Membuat laporan penerimaan dan pengeluaran atas pembayaran dari
   produser yang ada kompensansi atas utang piutang,
• Menyiapkan serta mengetik cek dan giro,

Wewenang :
• Memutuskan untuk menolak setiap pembayaran yang tidak sah (Contoh :
   Pembayaran dengan uang atau cek palsu)

11) Warehouse Supervisor

Tugas :
• Menjaga persediaan produk di gudang,
• Mengendalikan penyediaan produk,

Wewenang :
• Menyusun kebijakan prosedur dan program kerja di bidang persediaan
   produk.

12) Collector
Tugas :
• Melakukan penagihan hutang dari para pelanggan perusahaan,
• Melakukan pengecekan tagihan yang sudah masuk ke bank.

Wewenang :
• Melakukan apa saja yang sesuai dengan peraturan untuk mendapatkan
   hutang perusahaan.

13) Human Resources Development dan General Affairs

Tugas :
• Melaksanakan kegiatan pelayanan kantor, penyediaan fasilitas dan
   layanan administrasi perkantoran, sesuai ketentuan yang berlaku untuk
                mendukung kelancaran operasional perusahaan,

Wewenang :
• Membuat keputusan-keputusan yang menyangkut kepegawaian
   berdasarkan koordinasi dengan pimpinan pegawai yang bersangkutan.


Spesifikasi hardware dan software

Perusahaan ini menggunakan Intel Pentium Dual Core processor 1.80 GHz, Memori 2 GB RAM, Hard Disk 250 GB. Sedangkan untuk Software-nya kami menggunakan Operating system (OS) Windows XP Professional, Microsoft Office 2007, Microsoft SQL Server 2005 Enterprise Edition, dan Microsoft Visual Basic 6.0.

Table yang dibutuhkan
  
1. Tabel Karyawan
2. Tabel Jenis Karyawan
3. Tabel Divisi
4. Tabel Barang
5. Tabel Jenis Barang
6. Tabel Satuan
7. Table Supplier
8. Tabel Negara
9. Tabel Costumer
10. Tabel Jenis Costumer
11. Tabel Kota
12. Tabel  Persedian Barang
13. Tabel Herder Penjualan
14. Tabel Detail Penjualan
15. Tabel Herder SKB
16. Tabel Detail SKB
17. Tabel Herder Pembelian
18. Tabel Detail Pembelian
19. Tabel Herder SMB
20. Tabel Detail SMB
21 Tabel Hutang
22. Tabel Piutang
23. Tabel Jenis Pembayaran




Tidak ada komentar:

Posting Komentar