welcome to my blog

Minggu, 20 November 2011

Sistem Input Output

Unit Input/Output (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar. Unit input adalah unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse. Sementara unit output biasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer. Bagian input (masukan) dan juga keluaran (output) ini juga memerlukan sinyal kontrol, antara lain untuk baca I/O (Input/Ouput Read [IOR]) dan untuk tulis I/O (Input/Output Write [IOW]). 

1. Perangkat Eksternal

Secara umum perangkat eksternal diklasifikasikan menjadi 3 katagori:
·         Human  Readable,  yaitu  perangkat  yang  berhubungan  dengan  manusia  sebagai pengguna komputer. Contohnya: monitor, keyboard, mouse, printer, joystick, disk drive.

·         Machine readable, yaitu perangkat yang berhubungan dengan peralatan. Biasanya berupa modul sensor dan tranduser untuk monitoring dan kontrol suatu peralatan atau sistem. contohnya : Sistem disk dan pita mangnetik, sistem robot

·         Communication, yatu perangkat yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Misalnya: NIC dan modem.

Pengklasifikasian juga bisa berdasarkan arah datanya, yaitu perangkat output, perangkat input dan kombinasi output-input. Contoh perangkat output: monitor, proyektor dan printer. Perangkat input misalnya: keyboard, mouse, joystick, scanner, mark reader, bar code reader.

2.Modul I/O

Modul I/O adalah suatu komponen dalam sistem komputer yang Bertanggung jawab atas pengontrolan sebuah perangkat luar atau lebih Bertanggung jawab pula dalam pertukaran data antara perangkat luar tersebut dengan memori utama ataupun dengan register – register CPU.

Dua fungsi utama dari modul I/O :

Ø  Sebagai piranti antarmuka ke CPU dan memori melalui bus sistem.

Ø  Sebagai piranti antarmuka dengan peralatan peripheral lainnya dengan menggunakan link data tertentu.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar